Selasa, 29 Mei 2012

Depan Lampung Selatan Segera Miliki Institut Tehnologi Sumatera (ITS)


 
 
Rektor ITB Prof. Akhmaloka, P.Hd bersama Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza. SZP, SE, SH, MBA menandatangani MoU pembangunan Institut Tehnologi Sumatera (ITS), disaksikan oleh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional mewakili pemerintah pusat serta Gubernur Lampung Drs. Sjachroedin ZP, SH, bertempat di Kantor Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Jum'at(27/04).
Pembangunan Institut Tehnologi Sumatera (ITS) di kawasan Kota Baru Kabupaten Lampung Selatan segera terwujud. Langkah yang sangat mengembirakan bagi kita semua adalah telah dilaksanakannya penandatanganan MoU antara Gubernur Lampung Bapak Drs. Sjachroedin ZP, SH dengan Rektor ITB Bapak Prof. Akhmaloka, P.Hd dan Rektor ITB dengan Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza. SZP, SE, SH, MBA yang disaksikan oleh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional mewakili pemerintah pusat. Penandatangan MoU dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 27 April 2012 bertempat di Kantor Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.
Dasar pertimbangan lokasi pembangunan ITS di Kabupaten Lampung Selatan antara lain, letak geografis Kabupaten Lampung Selatan sebagai Serambi Sumatera, berada dekat dengan Bandar Udara yang memudahkan akses menuju lokasi ITS. Pertimbangan lain yang sangat menentukan adalah perjuangan bapak Gubernur Lampung yang dapat meyakinkan pemerintah pusat untuk menjadikan Lampung Selatan menjadi lokasi pembangunan ITS mengungguli Provinsi Sumatera Selatan.
Atas nama Pemerintah dan masyarakat Lampung Selatan, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Gubernur Lampung dan Pemerintah Provinsi yang telah memenuhi keinginan masyarakat sehingga terwujudnya pembangunan ITS. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan mendukung dan memfasilitasi Pembangunan ITS sehingga dapat berjalan dengan lancar.
Keberadaan ITS diharapkan dapat meningkatkan SDM masyarakat Lampung Selatan khususnya dan masyarakat luas umumnya. Keberadaan ITS ini akan memudahkan akses masyarakat untuk memperoleh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan memberikan pilihan-pilihan alternatif perguruan tinggi yang akan dipilih masyarakat.
Dalam Keterangannya Prof. Akhmaloka, P.Hd mengatakan mendapatkan amanah dari pemerintah untuk membantu pendirian institut teknologi, kloningan ITB di Lampung. Hal itu tertuang dalam SK MENDIKBUD 060/P/2012 tanggal 21 Maret 2012. Tentang penugasan ITB sebagai pelaksana pendirian Institut Teknologi yang diselenggarakan di Kota Baru, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.
Untuk merealisasikan hal tersebut, lanjutnya, ia menargetkan dalam tahun 2012 ini sejumlah persiapan sudah selesai, seperti kepastian lokasi (Desa Way Hui Kecamatan Jati Agung), status lahan (seluas 300 hektar), penyesuaian RTRW dan RTRWK. Site Planing, Detail Design dan AMDAL. Ditambahkannya, "Paling cepat mahasiswa baru di Kampus Institut Teknologi Sumatera, Lampung, akan mulai belajar pada pertengahan tahun depan (2013),"ujarnya.(az/hms)